JALAN-JALAN GAK HARUS MAHAL: LIBURAN KE SINGAPORE GAK NYAMPE 2 JUTA!!

Hola!
Beberapa hari yang lalu akhirnya aku menunaikan keinginan yang sudah lama terpendam yaitu backpaking ke Singapore hehe. Dari jaman kuliah udah pengen banget cobain backpaking ke Singapore tapi adaaa mulu hambatannya. Alhamdulillah sekarang udah berpenghasilan, punya jatah cuti dan kalau ada tiket promo udah bisa langsung beli hehe. Jadi, berapa sih biaya yang kita keluarkan kalau mau jalan-jalan ke Singapore??

1. Tiket Pesawat
Nah tiket pesawat ini sebenernya yang paling nentuin banget kamu bisa jalan-jalan dengan budget murah apa engga. Waktu itu aku cek di aplikasi traveloka tiket one way PKU-SG IDR 375.000 dan itu lumayan murah. cek tiket pulangnya sekitar 700 ribuan dan kalau ditotalin ada sekitar 1juta seratusan.

tiket pesawat pp via traveloka

Aku masih cek harga tiket ini sampai tanggal 24 september, eh gataunya tanggal 25-30 september ada promo diskon 15% di traveloka, yang kalau ditotalin aku bisa dapet tiket PP PKU-SG cuma 900ribuan. Namun, tanggal segitu adalah tanggal tua dimana uang udah seret dan gajian masih 6 hari lagi wkwk. Sampai tanggal 28 september aku masih cek harga tiket secara berkala dan harga tiketnya tiba-tiba naik dong jadi 1jt100rb udah sama diskon 15% huhu mahal sih ya tapi karena aku udah niat, temen pergi juga udah ada jd kami langsung booking penerbangan untuk tanggal 8 november - 11 november. Alasan booking di tanggal segini karena tanggal 9 tanggal merah jadi aku bisa ambil jatah cuti satu hari di tanggal 11 hehe.

Tiket Pesawat PP PKU-SG : 1.106.682

Harga tiket segini masih cukup mahal sih menurutku. Kalau teman-teman ada yang tinggal di Jakarta masih bisa dapetin harga tiket yang lebih murah, yang paling penting rajin cek promo tiket aja. Aku sempat ketemu sama orang indo selama di Singapore, doi orang jakarta dan dapet tiket PP cuma 600ribu aja. Aku juga pernah baca blog traveller lain yang dapat tiket PP ke singapore cuma 290 ribu dan pesawatnya Singapore Airlines pulaa huhu. Jadi intinya yang paling penting ada di harga tiket pesawat, so rajin-rajin cek aplikasi tiket yaa hehe.

2. Penginapan
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk jalan-jalan murah adalah biaya penginapan. Alhamdulillah banget meskipun aku ga dapet tiket pesawat yang cukup murah aku dapet voucher diskon hotel 15% juga. Hotel tempat ku menginap kali ini adalah ABC Premium Hostel. Hotel ini jenisnya hostel capsul dengan tipe dormitory. satu kamar ada 8 bed yang dipisah pake sekat-sekat dan juga tirai. ini salah satu alasan kenapa aku mau pilih hostel ini karena meskipun tipenya dormitory tapi dengan adanya sekat-sekat dan juga tirai kita tetap ngerasa cukup privasi.

Booking hotel via traveloka

Harga awal ABC premium hostel ini adalah 220ribuan tapi karena lagi promo traveloka harga hostelnya turun jadi 163 ribu per orang per malam. nah karena aku mau nginap 2 malam dan mau pesan sekaligus untuk 2 orang, jadi ketika kami jumlahkan harganya dan dikurangi diskon 15% hasil akhirnya jadi 138ribuan. murah banget untuk ukuran hostel di singapore yang bednya dormitory tapi pakai tirai, trus dapet sarapan juga! dan yang paling oke adalah hostel ini jaraknya deket banget banget bangettt sama stasiun MRT. cuma 2 menit jalan kaki udah sampe stasiun MRT, ini berguna banget untuk traveller yang mau keliling singapore pakai MRT. fasilitas hostel ini juga lengkap bahkan ada setrika yang berguna banget untuk cewe-cewe berhijab kaya aku.

Kamar ABC Premium hostel khusus perempuan (female only)

link hostel ini bisa klik disini

Hostel per malam : 138.454 x 2 malam = 276.909

3. Biaya Sim Card
Harga simcard khusus untuk turis di Singapore ini murah banget menurutku. Bayangin kita bisa dapet kuota 100GB selama 7 hari + nelfon ke nomor singapore 500 menit + 100 sms ke nomor singapore dan nelfon ke luar negri 20 menit (bisa digunain nelfon keluarga di indonesia) cuma dengan 100 ribu. Aku beli simcard ini patungan sama temen jadi cuma 1 hp yang pakai nomor singapore ntar hp lainnya di theatering-in aja karna kuotanya banyak sampe 100GB. Untuk sinyalnya bagus dan terjangkau sampai seluruh singapore. Kuota nelfon ke nomor singapore nya juga berguna, kemarin aku pake kuotanya untuk nelfon hostel tempatku menginap karna mau checkin jam setengah 12 malam.

Sim Card beli di Klook : 101.089 : 2 (patungan sama temen) = 50.544

Kalian bisa beli kartu simcard ini via Klook (karna lebih murah) link nya disini. Untuk pengambilannya ada di minimarket Cheers. Aku ambil di bagian Arrival Hall Terminal 3 karena minimarket nya buka sampe jam 2 malam, berguna untuk kita yang nyampe singapore di atas jam 9 malam.

4. Biaya Transportasi
Biaya transportasi di singapore jadi lebih murah dengan kartu SINGAPORE TOURIST PASS (STP). Kartu ini adalah kartu transportasi unlimited yang bisa kita gunakan untuk keliling-keliling singapore dengan MRT/Bus. Kartu STP ini bisa dibeli sesuai kebutuhan, ada STP khusus untuk unlimited 1 hari, 2 hari dan 3 hari. Masa berlaku kartu STP ini per harinya dimulai pada saat pertama kali digunakan sampai jam 12 malam. Karena kami sampai di singapore sudah larut malam jadi kami berencana membeli kartu STP keesokan harinya dan untuk transportasi ke hotel kami menggunakan MRT dengan membeli standart ticket. Standart ticket ini adalah ticket sekali jalan yang bisa dibeli di mesin tiket stasiun MRT. lokasi stasiun MRT di changi ada di terminal 2.

standart ticket (ticket sekali pakai mrt)

Standart ticket changi - hotel : 2,5 $

Kartu STP hanya dijual di beberapa stasiun MRT singapore. Hostel tempat ku menginap berada dekat stasiun MRT Farrer Park, di stasiun Farrer Park ini juga tersedia ticket office penjualan STP namun karna jam bukanya adalah jam 12 siang, kami berencana membelinya di stasiun Orchard (ticket office di Orchard sta. buka jam 8 pagi). Perjalanan dari stasiun Farrer Park ke stasiun Orchard menggunakan standart ticket lagi dengan harga 1,8 $. Sesampainya di Orchard sta. kami membeli kartu STP untuk 2 hari yang bisa digunakan sampai jam 12 malam keesokan harinya.

Kartu Singapore Tourist Pass

Standart ticket hotel - orchard sta. : 1,8 $

Kartu Singapore Tourist Pass : 16 $

Setelah mengelilingi orchard kami berencana untuk menyebrang ke sentosa island tempat dimana Universal Studio Singapore berada. Dari orchard sta. kita menuju Harbourfront sta. kemudian dari harbourfront sta. kita bisa menaiki bus RWS 8 khusus ke sentosa island. Biaya bus RSW 8 ini tidak di cover oleh kartu STP namun harganya cukup murah yaitu hanya 1 $ untuk pulang pergi (kemarin sempat berpikir bahwa harga 1 $ ini hanya untuk sekali jalan namun saat pulang driver bus nya berkata kepada ku tidak perlu membayar lagi untuk perjalanan pulang dari sentosa ke harbourfront).

Bus RWS 8 ke Sentosa Island : 1 $

Total : 21,3 $ x 10.400 (kurs) = 221.520

Informasi lebih lengkap mengenai STP bisa dilihat disini.

5. Biaya Makan
Hal lain yang paling penting dalam mengatur budget supaya bisa jalan-jalan murah menurutku adalah biaya makan. Lain cerita jika tujuan kita adalah wisata kuliner. Selama backpaking kami mencari makanan dibawah 5 $ karena biaya hidup yang tinggi di singapore harga makanannya juga mahal-mahal. alternatif supaya bisa makan murah adalah dengan makan makanan di seven-eleven yang harus kita panaskan di microwave. Harga makanan di seven-eleven cukup terjangkau dari kisaran 3 $ - 5 $. Makanan di seven-eleven singapore juga ditandai dengan logo halal sehingga memudahkan kita turis muslim untuk memilih makanan yang halal.

makan malam dengan mac & cheese sevel harga 4,5 $

Day 1 makan malam (vegetarian noodle nya sevel) : 3,5 $

Day 2 makan siang (nasi goreng nya sevel) : 3 $
Day 2 makan malam (mac & cheese nya sevel): 4,5 $
Day 3 makan siang (sup bakso ikan) : 4,5 $
Day 3 makan malam (ramen nya cheers) : 2,9 $

Total : 20,4 $ x 10.400 (kurs) = 191.360

Selain makan di seven-eleven, ada banyak tempat di singapore yang juga menjual makanan murah dan halal. Beberapa diantaranya ada di Hawker Center dan Law Pa Sat dekat china town dan juga disekitar arab street. Pada awalnya aku berencana makan di Hawker Center di hari pertama namun karena tidak sempat akhirnya kami makan di seven-eleven. Sedangkan pada hari kedua, kami menemukan restoran minang yang menjual nasi padang dengan harga murah hanya 4,5 $ satu porsi dan lokasinya berada di depan Masjid Sultan disekitar arab street. Untuk sarapan pagi, kami selalu sarapan di hotel karena hotel yang kami booking (ABC Premium Hostel) sudah termasuk sarapan berupa roti dengan selai dan kopi atau teh.

6. Jajan
Selain makan teratur 3 kali sehari, dalam perjalanan kita seringkali ingin jajan. Apalagi di saat sedang capek berkeliling dari suatu tempat. Untuk biaya jajan selama perjalanan menurutku tergantung pribadi masing-masing, aku tetap mengedepankan biaya makan yang hemat agar uang lebihnya bisa untuk jalan-jalan serta membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Beberapa makanan yang murah bisa kita temui di seven-eleven lagi. Terkadang beberapa produk minuman juga ada yang sedang promo hingga harga 1 $. Sedikit tips dari ku di hari pertama aku biasanya nahan diri supaya ga jajan nanti di hari terakhir jika ada uang lebih bisa jajan dengan puas dan ga perlu mikirin harus hemat lagi hehe.

susu pisang harga 1,5 $

onigiri harga 2 $

Day 2 beli onigiri : 2 $

Day 3 beli sandwich : 3,3 $
Day 3 beli teh tarik : 2 $
Day 3 beli susu pisang : 1,5 $

Total : 8,8 $ x 10.400 (kurs) = 91.520

Oke setelah ditotal-totalkan biaya yang aku keluarkan selama backpaking ke Singapore include tiket pesawat PP PKU-SG, tiket hotel 2 malam, biaya sim card, dan biaya makan adalah 1.938.535. Gak sampai 2 juta aku udah bisa jalan-jalan hemat ke singapore. Untuk biaya wisata selama di singapore kami tidak mengeluarkan biaya sama sekali karna semua wisata yang di kunjungi adalah wisata gratis, jadi cuma perlu mengeluarkan uang untuk transportasi. Namun catatan disini adalah aku juga bawa uang lebih untuk jaga-jaga sekitar 30 $. Uang 30 $ ini juga aku gunakan untuk deposit hotel 20 $ dan deposit kartu STP 10 $. Uang deposit ini bisa aku putar jadi uang untuk beli oleh-oleh. Nah kalau untuk beli oleh-oleh di singapore tempat yang murah adalah di Mustafa Center (khusus coklat) dan di China town (untuk gantungan kunci, tas, dompet, kaca dll). Beli oleh-oleh yang murah juga bisa hanya dengan 10 $, udah dapat gantungan kunci 2 pak (1 pak isi 6 gantungan kunci) seharga 4 $ dan 6 $ nya lagi bisa dipakai untuk beli coklat 2 bungkus ukuran medium.

Total keseluruhan biaya : 1.938.535

Okay, sekian informasi budget backpaking ke singapore versi aku, kalau teman-teman bisa dapat tiket ke singapore lebih murah mungkin budget nya bisa lebih murah lagi daripada ini. Di postingan selanjutnya nanti aku mau ngebahas itinerary dan review hostel selama di singapore.

*ps maafkan jika harga di foto (screenshoot) berbeda dengan harga yang aku cantumkan, karena di screenshoot setelah aku pulang dari singapore jadi harga di aplikasinya bisa naik/turun hehe.

Terimakasih sudah membaca.

Arigatou! 💛💛💛💛

Where to sleep in Japan? Review Planetyze Hostel

Welcome back!

Hello! kali ini aku mau review sedikit tentang pengalaman ku menginap di salah satu hostel di Tokyo yaitu "Planetyze Hostel"

Mungkin beberapa orang bakal berpikir hostel itu kaya hostel ecek-ecek kali ya hehe tapi Planetyze Hostel ini gak sama sekali. Hostel ini cocok untuk teman-teman yang mau backpakeran ke Tokyo. Harga per bed nya cukup murah dengan fasilitas yang lengkap dan interior hostel yang bagus. Hostel ini memiliki standar international dengan tempat tidur yang nyaman dan kamar mandi yang bersih dan bagus. Hostel ini juga dekat dengan stasiun metro di Tokyo dan tempatnya cukup mudah untuk ditemukan.
Planetyze Hostel

Room & Facilities
Planetyze Hostel seperti capsule hotel pada umumnya. Ada beberapa tipe kamar di hostel ini yaitu :
  • Mixed dormitory room: tipe dengan beberapa ranjang bertingkat dalam satu kamar dan diisi oleh tamu cowok ataupun cewek (campur).
  • Female dormitory room : tipe tempat tidur dengan beberapa ranjang bertingkat juga dalam satu kamar namun hanya diisi oleh tamu perempuan (female only)
  • Double room : tipe ini tidak seperti kamar asrama namun seperti private bedroom yang mana hanya 2 ranjang per kamar dan diisi oleh 2 orang tamu
  • Family room: tipe kamar yang diisi oleh keluarga dengan 4 tamu per kamar. tipe ini juga seperti private bedroom.
Untuk kamar yang aku pesan kali ini adalah tipe 1 bed in female dormitory room. Ada sekitar 16 ranjang di satu kamarnya. Ukuran per ranjangnya kecil namun cukup untuk satu orang dan juga nyaman karena dilengkapi dengan selimut yang cukup tebal. Di dalam bilik ini juga disediakan hanger untuk menggantung pakaian kita dan juga stop kontak serta lampu tidur. Harga 1 bed yang aku pesan adalah sekitar 3.800¥ per malam atau sekitar 400ribu rupiah.

----------photos by me----------

Source: booking.com

harga per bed (ini baru aku screenshoot tahun ini jadi harganya berubah karena kurs nya juga berubah)

Kamar di hostel ini juga dilengkapi dengan loker untuk menyimpan barang-barang kita. setiap tamu saat check-in akan diberi 1 kunci loker dan 1 kartu untuk masuk ke dalam kamar. kartunya tinggal di tap di mesin kuncinya untuk membuka pintu kamar. Jadi kalau mau keluar harus bawa kartunya terus meski ke kamar mandi sekalipun, dan jika kita lupa membawa kartu kita hanya bisa meminta tolong tamu yang didalam kamar untuk membukakan pintu.

Loker setiap tamu (nomor disesuaikan dengan nomor bed)
photo by me
mesin untuk membuka kunci pintu. tap kartu kamar mu disini
Toilet & Shower Room
Untuk setiap kamar di Planetye Hostel ini tidak memiliki kamar mandi di dalam jadi semuanya menggunakan shared bathroom. Kamar mandi ada di setiap lantai. dan kamar mandi ini juga di pisah antara kamar mandi cowok dan cewek per lantainya. misal kamar mandi di lantai 2/4/6 khusus cewek dan yang khusus cowok ada di lantai 3/5/7. Kamar mandi dan toilet di Planetyze ini bersih dan nyaman. Untuk kamar mandi disediakan juga shampo, conditioner dan bodywash gratis yang bisa dipakai oleh setiap tamu. selain itu dibagian wastafel juga disediakan hairdryer yang juga bisa kita gunakan secara gratis.

----------photo by me----------

kamar mandi (shower room). disediakan shampo, conditioner dan body wash gratis.
source: booking.com

wastafe dengan hairdryer yang dapat digunakan secara gratis.

toilet. source: booking.com

beberapa kamar mandi di satu lantai.
Breakfast
Untuk sarapan tidak disediakan secara gratis disini namun jika kamu ingin, kamu bisa membelinya di cafe yang ada di lobby. Sarapan yang menurutku recommended disini adalah sereal dengan susu, harganya sekitar 500¥ (sekitar 60ribu rupiah), hehe mahal untuk ukuran orang indonesia. Ada juga menu lain namun lebih mahal lagi. Selain itu disediakan juga air mineral dan air hangat secara gratis disini.
sarapan berupa sereal dan susu dengan harga 500¥

Lobby & Another Facilities
Bagian lobby hostel ini adalah yang paling aku suka. Design interior nya bagus dan cozy banget. disini ada beberapa ruang duduk yang dilengkapi dengan majalah dan TV. Asik banget untuk ngopi atau kumpul-kumpul sama teman maupun tamu lain sambil makan ramen instant hehe. selain itu disini juga terdapat cafe dan bar jika kamu ingin memesan makanan termasuk breakfast yang aku sebutin di atas.

Ada sebuah pajangan pohon besar ditengah-tengah ruangan yang semakin memberikan kesan nyaman. Kamu juga dapat mencari informasi seputar Tokyo dan kota lain di Jepang karena ada ipad di dinding lobby khusus untuk mencari info pariwisata Jepang. Selain itu kamu juga bisa memesan tour guide untuk keliling jepang loh di hostel ini!
source: booking.com

ipad untuk informasi pariwisata di Jepang.
Nah salah satu lagi fasilitas yang cukup membantu disini adalah kamu dapat menitip kopermu meskipun kamu sudah check-out. checkout di hotel ini adalah jam 11 pagi, namun jika pesawat mu berangkat sore atau malam dan kamu masih ingin keliling tokyo kamu bisa menitip kopermu dulu di lobby.
Bisa titip koper disini meski sudah checkout
Akses
Untuk akses ke hostel ini cukup mudah karena dekat dari 2 stasiun metro Tokyo. Kamu bisa naik kereta dan berhenti di Higashi-nihonbashi Station kemudian jalan sekitar 3 menit atau kamu bisa behenti di Bakurocho Station kemudian jalan sekitar 3 menit juga. Hostel ini berada dekat dengan persimpangan jalan dan sangat mudah untuk menemukannya.

akses dari Narita Airport

Jepang, 〒103-0004 Tokyo, Chuo City, Higashinihonbashi, 2 Chome−24−9 プラネタイズホステル

Website & Video

source: youtube

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menginap disini?
Jika ada info tambahan silahkan komen dibawah ya 😍
dan jika ada pertanyaan silahkan email ke fitriadela22@gmail.com

Terimakasih sudah membaca 💙💙💙💙

TIPS dan TRIK dapat LoA Universitas Luar Negri?? – STUDENT MOBILITY TO JAPAN

Kali ini mau bahas gimana caranya supaya dapat LoA berdasarkan pengalaman ku untuk ikut program Student Mobility yang diadakan oleh Universitas Andalas. Cara yang akan aku ceritakan dibawah ini aku ikuti dari cara senior ku terdahulu yang juga lulus programnya, jadi kalau seandainya ada caranya yang salah atau terkesan kurang sopan komen aja dibawah post ini nanti ya nanti aku ubah dan kalau ada beberapa saran juga boleh komen dibawah nanti aku tambahkan.
Aku murni pengen ngebantuin teman-teman supaya bisa ikut programnya, karena program ini HIGHLY RECCOMMENDED buat kalian yang pengen nyobain study abroad dan program ini dibiayai penuh oleh Universitas Andalas. Anyway, LoA ga Cuma untuk syarat student mobility aja ya tapi juga syarat di beberapa beasiswa luar negri

Apa itu LoA?
LoA adalah singkatan dari LETTER OF ACCEPTANCE. Semacam surat tanda kita diterima di universitas tujuan untuk studi selama disana. Biasanya LoA ini berisi kata-kata dari supervisor/kampus tentang kebersediaan mereka menerima kita sebagai student dan sedikit penjelasan tambahan misal seperti fasilitas yang akan diberikan kepada kita, atau review sedikit tentang kegiatan yang akan kita lakukan selama study di universitas tujuan. Karena aku cuma pernah liat LoA untuk syarat exchange aku kurang tau juga gimana isi LoA untuk mahasiswa yang akan ngambil study magister atau PhD di luar negri.

Siapa yang memberikan LoA?
LoA bisa diberikan oleh supervisor kita di universitas tujuan atau pihak international office nya universitas tujuan. Siapapun yang memberikannya entah dari kepala department univ tujuan asalkan ada kop surat resmi dari universitas tujuan sudah mencukupi syarat dan menandakan kalau kita diterima di universitas tersebut.

Gimana sih cara dapatin LoA?
Yang akan aku ceritain disini adalah pengalaman ku untuk dapatin LoA sebagai syarat mengikuti student mobility yang diadakan oleh Universitas Andalas.

1. Tentukan Negara yang akan kamu pilih untuk mengikuti program exchange (kalau negaranya sudah ditentukan oleh program exchange yg akan kamu ikuti skip aja bagian ini ya).
  • Negara yang aku pilih untuk mengikuti student mobility ini adalah Jepang. Kenapa Jepang? Alasan utamanya adalah karena aku kuliah di fakultas mipa yang jurusannya kebanyakan adalah ilmu sains murni. Nah kalau soal sains dan teknologi, Jepang memang jadi salah satu negara yang cocok banget untuk mendalami ilmu ini. Gak cuma Jepang, tapi korea dan china juga oke dalam ilmu sains murni. Karena tugas akhir aku tentang studi genetika tanaman, rata-rata universitas Jepang selalu punya nih laboratorium atau departemen khusus ilmu genetika tanaman. Oleh karena itu, aku cari LoA selalu di universitas-universitas yang ada di Jepang. Padahal kalau niat nya pengen jalan-jalan mending aku ke korea karna aku termasuk salah satu penggemar kpop hehe tapi coba ingat lagi tujuan kita adalah untuk belajar, mencari ilmu, jalan-jalan cuma bonus. Carilah negara yang jurusan kamu memang lebih bagus di negara itu, misal kalau teknik kayaknya lebih bagus di jerman, kalau astronomi lebih bagus di amerika/rusia.

2. List daftar universitas luar negri di negara yang kamu pilih yang punya kerjasama dengan universitas kamu saat ini.
  • Kalau di universitas ku biasanya ada tabel daftar universitas luar negri yang punya kerjasama dengan mereka. Untuk mencari tau daftar nya kamu bisa ketik di google “Daftar universitas luar negri yang bekerja sama dengan *univ kamu*”. Kalau ternyata daftarnya ga ada kamu bisa tanya langsung ke International Office kampus kamu karena biasanya mereka punya daftarnya.

3. Kunjungi website universitas yang telah kamu list and choose your supervisor that match with your study/research.
  • Pertama, kamu ketik di google nama universitas incaran kamu, misal *Kyoto University*. Nanti akan muncul langsung web universitas tersebut, kemudian kamu klik dan kalau bahasanya ternyata bukan dalam bentuk bahasa inggris kamu ganti dulu bahasanya biar mudah. Biasanya ada di pojok kanan atas untuk ganti bahasa.
  • Kedua, kamu lihat di tab Study at/academic/education dll trus klik bagian undergraduate program untuk liat daftar nama fakultas yang sesuai dengan jurusan kamu saat ini. Rata-rata ga semua jurusan kita yang ada di luar negri berada di fakultas yang sama dengan fakultas kita saat ini. Misal, jurusan aku adalah Biologi di univ ku letaknya di Faculty of Mathematic and Natural Science (FMIPA) tapi ketika di universitas tujuan bisa jadi letak jurusan ku ada di Faculty of Environmental Science bukan di Faculty of Science. Jadi coba aja ditelusuri satu –satu jurusan yang ada di fakultas-fakultas universitas incaran kita.
  • Ketiga, kalau sudah dapat jurusan nya kita tinggal klik dan kunjungi website fakultas/jurusan tersebut (biasanya memang untuk mencari profil lengkap kita bakal ketemu link yang mengarah langsung ke website jurusan tsb)

• Keempat, cari daftar dosen yang mengajar di jurusan tersebut (tab staff/faculty member) biasanya juga di cantumkan informasi ilmu apa yang diajari oleh dosen-dosen tersebut sehingga bisa kita sesuaikan dengan tugas akhir kita saat ini. Terkadang beberapa website departemen universitas luar  mengkategorikan lagi berdasarkan laboratorium yang ada disana (khusus sains) baru ada daftar dosen dan peneliti-peneliti yg ada di laboratorium tsb beserta kontaknya. *dosen yang bisa menerima mahasiswa adalah dosen dengan gelar proffesor atau associate proffesor selain itu ga bisa yaa
  • Kelima, jika sudah menemukan dosen yang cocok dijadikan sebagai supervisor kita selama disana hal yang selanjutnya akan kita lakukan adalah mencari kontak email sang dosen. Kalau di website jurusan tsb tidak dicantumkan, kalian bisa google aja “journal/article by *nama dosen tsb*” nanti akan muncul publikasi ilmiah sang dosen dan di artikel tsb biasanya akan ada kontak email sang dosen.

4 . Email your Supervisor!
  • Saat nya email dosen incaran kamuuu hehe. Di bawah ini aku sertakan cara nge-email dosen incaran (Kalau seandainya email ini terkesan kurang sopan komen dibawah untuk tunjukin caranya yang lebih baik ya, karena kata-kata ini aku contoh dari senior ku yg juga dpt LoA dari Jepang dan kata-kata ini juga sudah aku diskusikan dengan dosen di jurusanku).
  • Yang perlu ada di email tersebut adalah perkenalan diri kita, kemudian basa basi dikit maaf ngeganggu gitu,  lalu kasih tau kita dapat info tentang beliau dari mana, alasan kenapa kita nge-email beliau (misal ilmu sang dosen sangat cocok dengan penelitian tugas akhir kita), lalu tujuan kita nge-email (karena mau ikut program exchange dan butuh LoA dan tanya apakah beliau bersedia menerima kita sebagai student nya), lalu penutup basa basi. Dan jangan lupakan kata penutup seperti “Best regards, Sincerely, Best Wishes, dll”
  • *tips: jangan lupa sertakan CV kamu, informasi program dalam bahasa inggris, MoU tanda universitas kita kerjasama dengan universitas beliau, nilai toefl (tanda kamu bisa komunikasi pake bhs inggris) serta jadwal keberangkatan kamu seandainya lulus program (aku lupa masukin ini waktu nge-email tapi rata2 dosen yang balas pasti nanya dulu kapan jadwalnya untuk menentukan bisa nerima kita apa engga) dll
  • By the way selain nge-email langsung supervisor kita bisa juga nge email international office universitas tujuan, beritau kita ingin ikut program exchange tapi harus ada syarat LoA. Nanti biasanya mereka akan mencarikan supervisor yang cocok untuk kamu dan kalau supervisor nya mau kamu udah bisa dapat LoA. Dan biasanya di beberapa negara terkadang nge-email langsung supervisor dianggap kurang sopan, jadi ada baiknya untuk bertanya kepada orang-orang yang memiliki pengalaman yang sama ke negara/universitas incaran kita.

5. Wait, answer all question jika supervisor balas email kamu dan mau nanya-nanya lebih dalam and Keep Praying!!!
  • Untuk mencari LoA memang disarankan dari jauh-jauh hari sebelum deadline pendaftaran. Karena beberapa supervisor ada yang sibuk sehingga gak bisa langsung balas email kamu. Selain itu, jangan lupa berdoa dan terus berusaha. Kalau ternyata dosen incaran kamu ga bisa jangan patah semangat, masih ada banyak list universitas yang sudah kamu catat tadi dan mulai dari awal lagi.
  • Dari pengalamanku, aku sempat ditolak lebih dari 10 universitas yang rata2 awalnya emang kesalahanku karena ga cari tau dulu apakah univ tersebut kerjasama dengan univ ku. Aku cuma list univ mana yang aku kenal dan ada di jepang -_- (jangan ditiru ya). Alhasil rata-rata mereka sulit menerima karna ga ada kerjasama dan ada juga yang gabisa karena lab nya sudah penuh dengan mahasiswa international, ada juga yang sibuk karena waktu yang aku usulkan bentrok dengan jadwal mereka. Tapi aku tetap semangat cari meskipun jujur pernah nangis juga karena ditolak berkali-kali dan ngerasa kayanya belum rejeki aku huhu sampai akhirnya ada dosen yang free gak sibuk dan gak punya anak bimbingan sama sekali dan yang paling penting sesuai dengan jadwal yang aku ajukan hehe.
  • Ada banyak rintangan memang untuk aku bisa ikut student mobility ini. Mulai dari kesulitan ngurus paspor karna belum punya e-ktp, toefl pas-pasan yang akhirnya belajar lagi dan ulang lagi, tapi tetap aku jalani karena ini impian aku banget dari dulu dan juga aku berpikir untuk lanjutin kuliah keluar ga akan mungkin karena ga dapat izin serta aku udah bertekad untuk kerja dulu ngebantu orang tua (takdir anak pertama hehe). Makanya aku usahain banget supaya bisa ngerasain kuliah keluar meski cuma sebentar.
Contoh LoA yang berhasil aku dapatkan

Sekian informasi dari aku, intinya tetap semangat dan jangan mudah menyerah!

“kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Ganbatte!”

Fitria Dela. Powered by Blogger.